Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja dan Optimasi

SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu cara untuk menampilkan website di halaman mesin pencari. Tentunya tidak mudah untuk menampilkan website berada di hasil pencarian seperti google ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh pemilik …

Apa itu SEO Pengertian dan cara kerja

SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu cara untuk menampilkan website di halaman mesin pencari. Tentunya tidak mudah untuk menampilkan website berada di hasil pencarian seperti google ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh pemilik website.

Untuk mengetahui apa itu seo, dari mulai pengertian, cara kerja, hingga cara mengoptimasi di mesin pencari, silahkan simak ulasan berikut ini hingga selesai.

Apa Itu SEO?

SEO adalah singakatan dari Search Engine Optimization yang mempunyai tujuan untuk mengoptimasi website agar mendapatkan hasil posisi teratas di halaman mesin pencari seperti Google.

Selain mempunyai tujuan untuk mendapatkan posisi teratas, dengan SEO diharapkan bisa mendatangkan banyak traffic / pengunjung ke website dengan cara tidak berbayar / organik.

Ada 2 cara untuk menampilkan website di posisi teratas halaman Google yaitu dengan cara Pencarian Organik / Tidak Berbayar dan Berbayar.

Cara berbayar yaitu dengan metode PPC Paid Per Click atau sering dikenal dengan SEM. Untuk menggunakan service yang berbayar Google telah menyediakan Google Ads.

Cara Kerja SEO

Untuk mengoptimasi SEO kita harus tau cara kerja mesin pencari, cara kerja mesin pencari Google yaitu Crawling, Indexing dan Serving search results, untuk mengetahui lebih detail silahkan simak cara kerja mesin pencari berikut ini:

1. Crawling

Crawling / Merayap, Google akan merayapi halaman website dengan menggunakan tool yang bernama crawler untuk mencari halaman website. Google akan menyimpan data daftar website hasil crawling untuk selanjutnya ditinjau.

Google akan merayapi website menggunakan berbagai macam cara, salah satu cara yang dilakukan oleh google yaitu dengan mengikuti link satu ke link lainnya begitu juga dari halaman satu ke halaman lainnya.

2. Indexing / Pengindeksan

Setelah proses Crawling selesai Google akan mengunjungi halaman website yang terkumpul dari proses crawling, kemudian menganalisis semua isi yang ada di setiap halaman website.

Google akan menganalisis konten seperti teks, gambar, video dan struktur konten untuk menganalisa informasi yang ada di dalam halaman. Semua Informasi ini akan disimpan ke database.

3. Serving search results / Penayangan hasil penelusuran

Ketika kita melakukan pencarian, maka Google akan memilih hasil yang berkualitas dan tentunya yang relevan dengan kata kunci. Hasil pemilihan ditentukan oleh banyak faktor, seperti lokasi, bahasa, perangkat seperti desktop atau ponsel.

Sebagai contoh misalkan kita mencari kata kunci “Rumah Makan Padang” bagi yang mencari sedang berada di Bandung akan berbeda dengan jawaban bagi pencari yang sedang berada di New York. 

Cara Optimasi SEO

Ada 2 cara untuk mengoptimasi mesin pencari agar website kita menarik di mata google, 2 cara ini harus dilakukan agar mendapatkan hasil maksimal, berikut adalah 2 cara optimasi seo :

1. SEO On Page

SEO On page adalah cara untuk mengoptimasi SEO pada bagian halaman website dengan tujuan mengoptimasi konten website agar mudah di temukan oleh mesin pencari.

Ketika mengoptimasi SEO On Page usahakan konten yang kamu sampaikan juga bermanfaat bagi pembaca agar pengunjung betah berada di website kamu, ketika pengunjung merasa bahwa konten yang kamu berikan bermanfaat maka pengunjung akan berpotensi mengunjungi konten lain yang ada di website kita.

Terdapat 2 bagian yang perlu dilakukan dalam on-page optimization: content dan technical.

Content EAT-able (Expertise, Authoritativeness, and Trust)

  • Expert: untuk topik dengan keyword yang kita targetkan, halaman berisi konten yang detail, dan mudah dimengerti
  • Authoritative: untuk topik/target keyword yang kita incar, website kita punya otoritas untuk membahas topik itu
  • Trusted: website kita bisa dipercaya, misalnya dengan menggunakan desain yang profesional, juga menggunakan HTTPS

Technical SEO On Page

Beberapa bagian technical on-page optimization diantaranya:

  • Meta title
  • Meta description
  • URL
  • Internal Link
  • Heading Structure
  • Mobile Friendly
  • Fast Loading

2. SEO Off Page

SEO Off page adalah cara untuk mengoptimasi SEO diluar halaman website, ada beberapa cara untuk optimasi off page salah satunya dengan link building yaitu upaya untuk mendapatkan link dari website lain atau yang sering disebut dengan backlink.

Berikut beberapa cara untuk optimasi SEO Off Page :

Link Building / Backlink

Posting konten artikel berkualitas di website lain yang di dalamnya terdapat backlink ke website kamu.

Social Media

Manfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan audience, kamu bisa membuat konten yang bermanfaat dan arahkan audience di sosial media ke situs website.

Google My business

Buat akun Google My Business untuk mempermudah pelanggan menemukan bisnis kamu, Google My Business akan nama bisnis lengkap, alamat hingga kontak.

Itulah ulasan mengenai Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja dan Cara Optimasi Mesin Pencari, semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar