16 Tips App Store Optimization

Terdapat begitu banyak hal yang harus di perhatikan ketika kamu ini ngin menerapkan ASO (App Store Optimization) untuk apps/game kamu sehingga bekerja dengan baik. Kali ini Literasipedia akan coba ulas 16 Tips ASO di Tahun …

16 Tips Optimalisasi App Store (App Store Optimization – ASO)

Terdapat begitu banyak hal yang harus di perhatikan ketika kamu ini ngin menerapkan ASO (App Store Optimization) untuk apps/game kamu sehingga bekerja dengan baik.

Kali ini Literasipedia akan coba ulas 16 Tips ASO di Tahun 2022 Yang Wajib Kamu Ketahui, agar bisa menerapkan ASO secara maksimal untuk vibilitas dan mendapatkan unduhan yang lebih banyak lagi!

Seiring berjalannya waktu, Google Play Store sekarang di huni oleh jutaan aplikasi & game yang beredar di pasaran, tentunya akan semakin sulit untuk mendapatkan unduhan secara organik jika tidak menerapkan ASO dengan cara yang benar mengikuti algoritma dari Google Play itu sendiri.

1. ASO Adalah Hal Wajib Untuk Publisher Play Store dan App Store

Pengoptimalan ASO akan memberi banyak keuntungan untuk publisher Android karena akan sangat membantu untuk menjangkau dan mendapatkan lalu lintas pengunjung ke halaman pengembang kamu secara organik dan tentunya memberi peluang lebih besar ke pengguna untuk men-download aplikasi & game kamu.

Sebagai imbalan menerapkan ASO yang baik, kamu bisa menghemat biaya untuk mengiklankan Apps atau bisa dengan full hanya mengumpulkan unduhan organik dengan penerapan dan analisis ASO terbaik.

2. Relevancy: Gunakan Keyword yang Relevan dengan Produk Apps kamu.

Untuk langkah awal, kamu perlu membuat daftar kata kunci yang tentunya telah kamu lakukan riset menurut hasil dari pencarian Trending apps maupun apps top sepanjang masa.

Ada banyak tool yang menyediakan untuk riset kata kunci untuk kepeluan apps kamu yang diantaranya adalah: Appannie, Sensor Tower, Appbrain, Bayusp.com, keywordtool.io, Google Keyword Planner (GKP) dll. 

3. Input Kata Kunci Inti di “Judul” Aplikasi & Game kamu

Perlu kamu ketahui, posisi kata kunci terpenting dalam ASO itu ada di Judul Apps kita, jadi kamu tidak boleh sembarangan dalam menentukan kata kunci di judul apps kamu.

Manfaatkan slot 50 karakter maksimum yang terdapat dikolom isian, tapi hati-hati menggunakan kata kunci yang bisa saja mengandung “hak cipta” di dalamnya.

4. Menemukan Kombinasi Kata Kunci di Deskripsi

Optimalkan Deskripsi: Kata kunci terbaik adalah yang memiliki tingkat persaingan yang rendah, tapi dengan volume pencarian yang besar.

Untuk apps baru di playstore, ada baiknya menerapkan kata kunci dengan tingkat persaingan rendah-menengah karena potensi untuk mendapatkan peringkat di pencarian akan jauh lebih besar ketimbang langsung menerapkan kata kunci dengan persaingan yang tinggi.

kamu bisa cek tingkat persaingan rendah,mengengah, dan tinggi di Google Keyword Planner, ataupun tool-tool yang saya sebutkan di atas tadi tapi dalam versi premium.

Untuk meningkatkan visibilitas, kombinasikan kata kunci UMUM dan buat kata kunci dari mulai 1 kata, 2, kata hingga 3 kata, misalnya kamu memiliki hasil riset kata kunci diantaranya: resep, ayam, masakan, makanan, enak, maka kamu bisa terapkan menjadi “resep masakan ayam enak”

Maka dengan begitu kamu akan mendapatkan kombinasi kata kunci yang masing-masing di antaranya memiliki volume pencarian tersendiri.

Bidang deksripsi sendiri adalah elemen yang cukup penting. Usahakan menetapkan kata kunci di paragraf pertama dan terakhir.

Periksa Keyword Density untuk memberi bobot lebih pada kata kunci di bandingkan yang lain. Manfaatkan bidang deskripsi ini dengan baik (4000 karakter) dan manfaatkan jumlah karakter maksimum.

5. Gunakan Kata Kunci di tempat yang tepat.

kamu memiliki kelebihan yang di tawarkan oleh Google Play, karena kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dengan menempatkan kata kunci kamu diantaranya:

  • Judul (50 karakter)
  • Deskripsi Singkat (80 karakter)
  • Deskripsi Lengkap (4000 karakter)
  • Nama Paket (URL)
  • Nama Akun Developer
  • Ulasan Pengguna

Ini adalah sesuatu yang cukup penting tapi kadang di lewatkan oleh Publisher Android.

6. Pelokalan (Lokalisasi Bahasa)

banyak dari kita masih sering mengabaikan pelokalan bahasa ini, padahal dampak nya lumayan besar. Developer besar sudah menerapkan ini dan mereka sadar bagaimana pentingnya pelokalan bahasa.

Kata kunci untuk pelokalan bisa sangat berbeda di setiap negara, kamu bisa menggunakan versi gratis dengan Google Translate, atau fitur translate app di tool bayusp.com/translate, atau yang lebih disarankan ialah membeli paket terjemahan di google Play Console.

Pelokalan Bahasa bukan hanya fokus pada text Judul maupun deskripsi, tapi bisa juga menerapkan di ikon, Tangkapan Layar serta Gambar Grafis 1024×500.

Ini tidak wajib dilakukan, kamu bisa memilih mengabaikannya, tapi jika ingin memanfaatkan semua sumber daya google play, saran saya baiknya kamu terapkan.

Ini bukan hanya persoalan ASO semata, tapi itu juga merupakan strategi bisnis agar apps kamu bisa di terima di Negara manapun.

7. Pemilihan Kategori Yang Tepat

kamu harus pelajari market google play untuk mengetahui “kategori” apa saja yang terbaik dan relevan untuk aplikasi/game kamu. Pemilihan kategori yang tepat dan baik, bisa mendongkrak jumlah unduhan secara organik.

Kategori sama halnya dengan kata kunci, memiliki ranking pencarian tersendiri, dimana beberapa kategori unggulan memiliki jumlah penelusuran yang lebih baik, walaupun akan di barengi dengan tingkat persaingan di kategori tersebut cukup tinggi.

Aplikasi semacam Twitter memilih untuk masuk di kategori “Berita & Majalah” ketimbang masuk di kategori “Sosial” dimana Facebook & Instagram sudah merajai kategori tersebut.

Tentu saja ini juga merupakan strategi bisnis, yang mana Twitter memilih untuk masuk di kategori “Berita & Majalah” walaupun kita tau sendiri bahwa Twitter tersebut juga merupakan platform “Sosial Media”.

Google Play memberikan kebebasan untuk publisher memilih kategori sesuai keinginan mereka, tapi juga harus masih relevan dengan aplikasi/game mereka.

8. Peringkat & Ulasan Pengguna

Perlu di ketahui, pengguna di Google Play beberapa sangat selektif dalam memilih apps yang ingin mereka unduh, terkadang mereka sangat memperhatikan ulasan dari pengguna lainnya sampai mereka yakin untuk mengunduh aplikasi/game kita.

Ikut terlibat untuk selalu menjawab ulasan pengguna baik itu positif atau negatif akan memiliki dampak besar terhadap tingkat konversi apps kamu.

bahkan salah satu praktik ASO terbaik juga termasuk ada dalam ulasan pengguna yang menyertakan kata kunci target kita. Jadi mulai sekarang lebih seringlah meninjau ulasan pengguna kamu.

9. Tampilan Visual Aset Grafik 

Grafik aset visual sangat menentukan seberapa besar tingkat koversi di apps kamu, jadi buatlah menarik dan seunik mungkin.

Ikon apps kamu adalah tampilan visual pertama yang sangat penting untuk menentukan seorang pengguna melanjutkan untuk meng-klik apps kita menuju halaman apps kita.

Untuk tangkapan layar (screenshot) buatlah dengan resolusi yang jelas (saran 1920×1080) atau (1280×720) portrait ataupun lanskape menyesuaikan aplikasi/game kamu, dan buatlah seolah-olah itu mendeskripsikan secara visual isi dari apps kamu.

10. Tambahkan Video Apps Singkat

Menggunakan video pendek untuk menarik perhatian pengguna kamu mertupakan strategi dan ASO terbaik agar mendapatkan konversi lebih tinggi terhadap aplikasi/game kamu.

kamu bisa menyertakan video dari Youtube yang sebelumnya kamu buat dengan durasi 30 detik sampai 1 menit, jika terlalu panjang durasinya, kadang kurang baik. Membuat pengguna bertahan di 12 detik pertama akan memberikan peluang lebih besar terhadap konversi.

Sebagian besar Game di Android menyertakan vitur Video, jadi mulai sekarang kamu harus mulai menerapkannya juga. Jadi buatlah video semenarik mungkin ya..

11. Lakukan A/B Testing

Ketika kamu melakukan A/B Testing, fokuslah terhadap materi iklan berbeda misalnya gambar di ikon kamu.

Uji berbagai elemen sekaligus selama 5/7 hari dengan lalu lintas yang konsisten untuk mengetahui apa yang lebih baik.

Di Google Play Store, kamu harus memulai dengan menguji Ikon, lalu Feature Graphic.

12. Mengubah Cantuman Aplikasi Secara Musiman

Merubah cantuman aplikasi kamu di halaman Google Play untuk mengikuti trend musim misalnya, Natal & Tahun Baru, Hallowen, Valentine day, Ramadhan, Imlek dll.

kamu bisa mengubah tampilan ikon, tangkapan layar serta judul maupun deskripsi di setiap musimnya, dan ini salah satu praktik terbaik ASO.

13. Perhatikan Ukuran File APK

Usahakan file apk kamu tidak lebih dari 100 MB. kamu bisa melakukan kompressi Asset berupa gambar atau musik dalam aplikasi/game kamu.

Bisa juga dengan cara merubah nya dengan format App Bundle (AAB) yang akan menyesuaikan setiap perangkat user. kamu bisa melihat video tutorialnya di Channel Bayao Studio di Link Berikut “Cara Upload App Bundle”.

14. Perbarui Halaman Aplikasi

Seperti halnya dengan dunia Blogging yang memerlukan update artikel secara berkala untuk meningkatkan ranking SEO di Google, maka penerapan ASO juga seperti itu.

Selalu memperbarui atau meninjau ulasan pengguna dan memberikan balasan ke merek adalah sesuatu yang baik, karena ini juga akan membantu kamu menjaga keterlibatan pengguna dan akan bisa mengetahui feedback positif maupun negatif mereka.

15. Analisa Kinerja ASO

kamu harus belajar tentang apa yang berjalan dengan baik dan apa yang dapat ditingkatkan, jadi jangan lupa untuk analisa KPI ASO kamu: kata kunci, visibilitas, pemasangan aplikasi , peringkat & ulasan dan pendapatan.

Dan juga penting untuk menyadari perubahan di halaman play console kamu dan merupakan perubahan yang di perlukan!

16. Riset Kompetitor

Berkembangnya dunia Publisher Android tentunya juga membuat persaingan di Google Play makin ketat karena makin banyaknya publiher Android baru yang terdaftar sebagai pengembang di Google Play.

Untuk itu kamu harus melakukan Riset Kompetitor sehingga mengetahui apa saja yang sudah meraka lakukan.

Ada banyak tool yang bisa membantu kamu untuk riset kompetitor kamu di target “kata kunci” utama yang bisa riset posisi mereka di peringkat google play.

Itulah 16 Tips App Store Optimization yang bisa kamu coba, dan semoga membantu kamu untuk Optimasi Play Store / App Store!

Tinggalkan komentar